Mau web statis rasa dinamis? sini kenalan sama HUGO.

Mau web statis rasa dinamis? sini kenalan sama HUGO.

Halo gaes, kali ini mimin bakal kasih tau nih salah satu stack dibalik website digitalkode, Yaitu HUGO.

Apa itu HUGO?#

Kata om wikipedia, HUGO itu adalah :

Hugo is a static site generator written in Go.

Jadi HUGO ini adalah sebuah generator web statis yang ditulis menggunakan syntax Golang template. jadi kalian bisa nih, kalo mau bikin website statis (HTML) tapi pengen punya fungsionalitas layaknya CMS Blog.

Kenapa harus milih HUGO?#

  • Performa Build

    Kata si HUGO nih dia bisa build 1 halaman dalam waktu <1 milisekon, sedangkan yang lain nge-build dalam waktu <1000 milisekon. jadi gausah ditanya deh soal performa hehe.

  • Kustomisasi Tanpa batas

    Mau bikin CMS simple tapi banyak aturan ini itu? tenang aja gaes, HUGO ga sejahat itu kok, kalian bisa kustomisasi HUGO sesuka hati kalian, dari mulai kustomisasi tipe konten, ngebagi konten berdasarkan tags, bikin menu untuk konten, sampai API Driven dinamis, semuanya tanpa plugin.

  • 300+ Template

    dengan bantuan komunitas yang luas, hugo memiliki 300+ template yang siap pakai! mau bikin sendiri? tentu bisa, tapi jgn lupa ya jika belum belajar templating golang, ada baiknya nih, kalian belajar dulu templating golang.

  • Multibahasa

    Blogmu cuma pakai bahasa indonesia? gimana kalau ada orang luar negeri yang baca? disinilah golang ambil peran, dengan i18n support HUGO bisa nih nentuin bahasa mana yang cocok dengan pengunjung! enak banget ya, terobosan untuk UX ni hehe :D

  • Custom Output

    HUGO ini baik loh, selain menyediakan output HTML, si HUGO juga bisa nih output sebagai JSON / AMP.

Sekian pembahasan mimin tentang HUGO, HUGO ini sangat membantu dan luar biasa ya, oleh karna itu Digitalkode mempercayakan CMS websitenya ke HUGO karna Powerful dan fleksibel.

#KeepLearning_KeepNgoding

Tags: HUGO GOLANG
comments powered by Disqus